Pasca Natal, Harga Kebutuhan Pokok Tetap Stabil

By Admin

nusakini.com-- Pasca Natal 2016 dan menjelang Tahun Baru 2017, Kementerian Perdagangan memantau pasokan dan harga barang kebutuhan pokok di pasar rakyat di berbagai  daerah, salah satunya di Kota Cilegon, Banten. Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kemendag Tjahya Widayanti menegaskan pasokan barang kebutuhan pokok di  Cilegon terpantau dalam kondisi aman hingga 2 bulan ke depan. 

“Secara umum stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok pada H+1 Natal dan H-6 menjelang Tahun Baru 2017 cukup aman. Kondisi ini akan terus terjaga karena didukung adanya stok  yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai Februari 2017. Harga di Kota Cilegon pun relatif stabil,  bahkan beberapa harga komoditas mengalami penurunan,” jelas Tjahya di Pasar Baru, Kota Cilegon,

Sejumlah harga komoditas yang terpantau stabil di antaranya gula Rp 13.000/kg, daging sapi Rp110.000/kg, daging ayam broiler Rp35.000/kg, telur ayam ras Rp22.000/kg, dan terigu Rp7.500/kg.  Sementara itu, beberapa komoditas lainnya mengalami penurunan, yaitu minyak goreng curah dari  Rp11.000/lt menjadi Rp10.000/lt dan kedelai dari Rp8.500/kg menjadi Rp8.000/kg. Komoditas yang  mengalami kenaikan adalah komoditas hortikultura, terutama cabai rawit merah dari Rp 75.000/kg  menjadi Rp 95.000/kg. 

Pada kunjungan tersebut, Tjahya didampingi Kepala Bidang Perdagangan dan Pembinaan Pasar Dinas Perindag Kota Cilegon, Muhammad Satiri. Koordinasi Pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga daya  beli masyarakat tetap solid. Pertemuan rutin juga terus dilakukan antara Dinas Perindag Kota Cilegon  dan para distributor agar stabilitas harga tetap terjaga. 

“Koordinasi yang solid antara pemerintah pusat dan daerah serta pelaku usaha jadi faktor kunci dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok,” lanjut Tjahya. 

Pada kesempatan yang sama, Tjahya juga berbincang dengan penerima bantuan cool box untuk ikan. Ahyar salah satu pedagang ikan di Pasar Baru Cilegon mengatakan, bantuan cool box sangat bermanfaat  bagi pedagang ikan dalam meningkatkan ketersediaan ikan bagi masyarakat.

Pedagang ikan lainnya,  Fuad, mengutarakan adanya bantuan cool box dapat meningkatkan penjualan ikan. Harapannya  bantuan-bantuan seperti ini dapat dilanjutkan di masa yang akan datang. (p/ab)